KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM

Dosen: Dr. Din Wahid, MA

1. Jelaskan apa inti dari gerakan Mujahidin di India? 
2. Salah dasar pemikiran bagi gerakan Mujahidin di India di bawah pimpinan Sayyid Ahmad Syahid adalah konsep tentang dār al-harb dan dar al-Islām. Coba Anda jelaskan kedua konsep tersebut sehingga ia memilih untuk berjihad melawan komunitas non-Muslim. 
3. Sayyid Ahmad Khan memilih jalan melingkar dalam pembaruannnya: melalui jalur pendidikan dan bekerjasama dengan pemerintah Inggris. Coba Anda jelaskan kenapa Ahmad Khan memilih jalan tersebut? Apa komentar Anda terhadap langkah yang dilakukan oleh Ahmad Khan? 
4. Sayyid Ahmad Khan sangat percaya pada hukum alam, sehingga ia dituduh oleh kelompok yang tidak sepakat dengan pendapatnya sebagai nechari. Jelaskan penadapat Ahmad Khan tentang hukum alam tersebut! 
5. Kelompok tradisionalis di India mendirikan Madrasah Deoband, sementara kelompok modernist mendirikan Mohammadan Anglo Oriental College yang kemudian berkembangan menjadi universitas Alighar. Kedua mazhab ini secara diameteral berbeda pendapat dalam hal pemikiran keislaman dan sikap politik kepada Inggris. Jelaskan perbedaan kedua mazhab tersebut? 
6. Amir Ali dikenal sebagai pembaharu apologitik. Apa yang dimaksud dengan apologetic? Jelaskan pendapatnya tentang sebab-sebab kemunduran umat Islam! 
7. Abul Kalam Azad adalah salah satu tokoh Muslim India yang bergabung dengan Kongres Nasional India. Mengapa ia tetap bergabung dengan Kongres Nasional India, dan menolak bergabung dengan Liga Muslimin India sebagaimana dilakukan oleh tokoh-tokoh Muslim India lainnya? 
8. Iqbal, penggagas negara Pakistan, berpendapat bahwa “ijtihad adalah prinsip gerakan dalam Islam.” Jelaskan ungkapan tersebut di atas! 
9. Abul A’la al-Mauwdudi menangkap peluang kekosongan ideologi negara Pakiskan yang ditinggalkan oleh pemimpinnya, Muhammad Ali Jinnah, setahun setelah negara tersebut merdeka. Jelaskan apa yang ditawarkan oleh al-Maududi! 
10. M. Iqbal, Ali Jinnah dan Abul A’la al-Maududi mempunyai posisi masing-masing dalam kelahiran negara Pakistan dan perkembangannya. Jelaskan posisi masing-masing ketiga tokoh di atas! 
11. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan wilayatul faqih menurut Imam Khomeini. 
12. Fazlur Rahman mengkategorikan gerakan Islam menjadi: revivalist pra-modernis, modernisme klasik, neo-revivalisme, dan neo-modernisme. Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan keempat ketegori tersebut di atas! 
13. Fazlur Rahman mengklaim dirinya sebagai juru bicara gerakan neo-revivalisme Islam. Sembari mengkritik gerakan modernism klasik, ia mengembangkan metodologi memahami ajaran al-Qur’an dan hadits untuk dapat diterapkan pada masa kini. Jelaskan apa kritik Rahman terhadap gerakan modernisme klasik, dan jelaskan bagaimana metodologi yang ia kembangkan dalam memahami ajaran Islam. 
14. Apa yang dimaksud Sayyid Hossein Nasr dengan “Islam Tradisi”. 
15. Coba jelaskan gagasan Ismail Raji al-Faruqi tentang Islamisasi ilmu pengetahuan. 
16. Banyak Muslim yang berpendapat bahwa seorang perempuan tidak bisa menjadi pemimpin negara. Pendapat ini didasarkan atas hadits yang sangat terkenal “tidak akan sejahtera suatu kaum yang dipimpin oleh seorang perempuan”. Kaum feminis menilai bahwa hadits ini menghambat hak-hak politik perempuan, terutama terkait dengan kepemimpinan nasional (menjadi presiden atau perdana menteri). Jelaskan kritik Fatima Mernissi terhadap hadits tersebut! 
17. Salah satu ayat al-Qur’an yang sering dirujuk untuk menolak kepemimpinan perempuan adalah “al-rijāl qawwāmūn ‘alā al-nisā’,” yang diartikan sebagai “laki-laki adalah pemimpin bagi kaum perempuan”. Kalangan feminis tentu menolak penafsiran itu karena dianggap mengebiri hak-hak politik perempuan. Jelaskan tafsir kalangan feminis terhadap ayat di atas! 
18. Apa yang Anda ketahui tentang: 
a. Madrasah Deoband 
b. Universitas Alighar 
c. The Spirit of Islam 
d. Mohammadan Anglo Oriental College (MAOC) 
e. Pemberontakan 1857 di India 
f. Partai Kongres Nasional India 
g. Liga Muslimin 
h. Theo-democracy
i. Musyawarah 
j. Jema’at Islami
Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

14 Januari 2022 pukul 22.47

Pak sbelumny terima kasih ilmunya,tapi boleh share juga jawabnnya?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faisal wibowo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger