Arti Sebuah Nama


Oleh:
Faisal Wibowo

Setiap manusia ketika pertama kali dilahirkan ke alam dunia dari alam rahim oleh ibunya tidak mengetahui sesuatu apapun, dalam keadaan  telanjang, tidak sehelai benang pun menempel di tubuh kita, bahkan kita pun disebut sebagai makhluk yang bodoh (jahil). Kita ketika itu hanya bisa menangis dan menangis sebagai isyarat bahwa kita ingin melakukan sesuatu. Tidak ada seorang pun yang mengetahui apa makna isyarat itu, hanya orang tua kita lah yang mengerti apa yang ingin kita lakukan dan mereka pun paham apa yang seharusnya mereka lakukan untuk kita sebagai buah hati tercintanya. Sebagai orang  yang telah menyebabkan kita lahir ke alam dunia ini, mereka senantiasa menjaga, merawat, mendidik, bahkan berkorban nyawa demi kita. Mereka tidak pernah mengeluh, selalu mencurahkan kasih sayangnya kepada kita. Setelah beberapa lama kita hidup dengan orang tua kita, mereka pun memberikan kita sebuah nama, untuk bisa meyakinkan dan mengenalkan  bahwa kita itu adalah anak mereka. Sungguh walaupun tulisan ini begitu singkat, tidak menjelaskan secara detail mengenai proses kehidupan kita sampai saat ini, ketahuilah bahwa jasa kedua orang tua kita tidak akan pernah bisa kita balas sampai kapan pun, kita hanya dituntut untuk berbakti kepada mereka, berbuat yang terbaik untuk mereka.

Berangkat dari hal itu, dalam menjalani kehidupan ini kita diberi satu tanda pengenal oleh mereka, yang memiliki arti sebuah do’a dan harapan. Tak lain dan tak bukan itu adalah sebuah nama. Nama yang mereka berikan kepada kita, bukan sembarang nama, akan tetapi dibalik pemberian nama itu, tersimpan sebuah rahasia harapan dan impian mereka dari kita. Seperti halnya aku, ibu dan ayah memberikan aku sebuah nama “Faisal Wibowo.” Selama beberapa tahun, aku belum menyadari mengapa orang tuaku memberikan aku nama demikian. Setelah aku menginjak aqil baligh (dewasa), dari situ aku mulai mengetahui dan mulai menyadari mengapa orang tuaku memberikan nama demikian. Ternyata setelah aku cari tahu, tentang arti dari namaku itu, mulailah pemikiranku berubah, karena apa? Karena arti dari “Faisal wibowo” itu apabila diartikan secara harfiah, kata perkata, berarti “Hakim yang berwibawa”.

Kata “Faisal” diambil dari bahasa arab “faishal” yang bermakna “hakim”, sedangkan kata “Wibowo” diambil dari bahasa jawa yang berarti “berwibawa”. Kalo boleh dikata, aku itu blasteran arab dan jawa lho, hehe.. Maka kalau kita simpulkan, akan bermakna “hakim yang berwibawa.” Subhanallah….. Sebenarnya ketika aku bertanya kepada ibu dan ayah tentang makna dari namaku, ternyata aku sengaja diberi nama “Faisal” oleh ayahku karena pada waktu itu ada seorang raja Arab Saudi bernama “Faishal”, yang kharismatik penuh dengan wibawa. Ayahku berharap dengan diberi nama “faisal”, nanti aku bisa menjadi seorang raja atau pemimpin yang hebat, pemimpin yang bisa membawa kemaslahatan bagi ummat, memiliki daya kharismatik tinggi, pemimpin yang tentunya harus mampu memimpin dirinya sendiri, dan membawa kedamaian bagi ummat manusia. Kemudian ayahku berkata bahwa kata “wibowo” itu diberikan kepadaku karena nenek moyangku turunan jawa, jadi agar tidak menghilangkan jasa nenek moyangku, maka aku diberi nama dibelakangnya “Wibowo”. Dengan harapan aku menjadi seorang pemimpin yang berwibawa, pemimpin yang disegani oleh lawan dan dicintai oleh kawan.

Beruntunglah bagi kita yang diberi nama oleh orang tua kita dengan nama yang islami atau nama yang sarat dengan makna do’a dan harapan, karena berawal dari itulah pemikiran kita akan berubah dan akan berdampak kepada kehidupan kita. Bukan berarti bagi orang yang namanya tidak memiliki arti/makna orang tuanya tidak memiliki harapan, justru itulah kelebihan orang yang seperti itu, karena mereka dituntut untuk harus mengetahui apa sebenarnya makna dari nama mereka. Segala sesuatu ada hikmahnya, jangan kita berfikir pendek dengan apa yang telah menimpa kehidupan kita, malah seharusnya kita berterima kasih kepada Allah Swt karena dengan adanya berbagai macam tantangan atau ujian dalam kehidupan kita, kita akan merasa ingin selalu dekat dengan-Nya, karena Dia-lah sang Maha Pemberi Keputusan dan Sang Maha Penyelesai Persoalan.

Demikian sekelumit tentang arti sebuah nama. Bagi yang belum mengetahui apa makna dari nama kita, maka mulai saat ini kita harus mencari tahu, dan bagi yang sudah mengetahui apa makna dari nama kita, maka mulai saat ini berbuatlah yang terbaik, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kedua orang tua melalui nama kita.

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Faisal wibowo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger